Minggu, 17 Juni 2012

Teknologi Digital bagi Indonesia

Berbicara soal Teknologi Digital memang tidak pernah lepas dari perkembangan zaman. Seperti sebuah bola salju, pemanfaatan Teknologi Digital ini akan semakin besar dari masa ke masa.

Beberapa dekade silam, untuk berkomunikasi dengan kerabat yang jauh orang-orang harus bersusah payah menulis surat, untuk kemudian mengantarkannya ke kantor Pos, lalu menunggu balasan surat itu datang. Kemudian muncul lah telegram, telepon kabel, yang diikuti dengan munculnya Teknologi Digital seperti Handphone, Televisi, dan lain-lain.

Saya masih sangat ingat pada tahun 2003 lalu, saya memiliki sebuah handphone standar yang pada saat itu telah bisa dikatakan canggih karena memiliki fitur browsing dengan menggunakan akses GPRS. Namun, karena daerah tempat tinggal saya bisa dibilang masih keterbelakangan, fitur semacam ini belum bisa digunakan secara efisien. Tidak beberapa orang yang mengerti cara menjalankan program mobile browser ini. Saya beruntung menjadi salah satu orang yang pada saat itu telah bisa menikmati internet di handphone. Saya mendapatkan ilmu itu setelah membaca sebuah artikel di internet (salah satu Teknologi Digital favorit saya). Alhasil, hal ini membuat kehidupan saya menjadi lebih praktis, tugas sekolah dapat saya kerjakan tanpa harus pergi ke Warung Internet terlebih dahulu. Maklum saja, pada saat itu belum banyak rumah yang memasang fitur internet, jadi untuk melakukan browsing memang harus ke warnet dahulu. Itulah pertama kalinya saya merasakan manfaat yang begitu besar dari Teknologi Digital.

Namun lihat sekarang, hampir semua orang bisa menjelajahi dunia maya kapan saja dan dimana saja, bahkan di tempat terpencil sekalipun. Sekali lagi, itulah kenapa saya berpendapat pemanfaatan Teknologi Digital ini berkembang sangat pesat. Kemudahan yang diberikan membuat orang berlomba-lomba mengeksplorasi keajaiban Teknologi Digital ini.



Sayangnya, di setiap kepraktisan yang di dapat selalu ada sisi buruk yang diterima. Teknologi Digital bagaikan mata pisau. Menguntungkan, namun tidak jarang merugikan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali kita dengar kasus penipuan yang dilakukan melalui media online. Lalu tidak jarang juga kasus penculikkan yang berawal dari perkenalan di sebuah jejaring sosial. Padahal, jika digunakan sesuai dengan aturan, Teknologi Digital ini bisa memberikan begitu banyak manfaat bagi Indonesia.

Secara garis besar kita mengenal situs-situs yang memuat berita soal sosial, politik, olahraga, fashion, gaya hidup, kesehatan, dan masih banyak lagi. Situs-Situs yang berhubungan langsung dengan Pers dan Wartawan ini secara total akan membuka wawasan pembaca mengenai semua hal yang berkaitan dengan Nusantara. Pembaca akan menjadi lebih kritis dalam menyikapi isu nasional. Tidak naif jika saya berkata masyarakat Indonesia akan terpacu untuk berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan negara, semisal dengan menyampaikan aspirasi dan pendapat kepada pemerintahan.

Tidak hanya komunikasi dengan pemegang roda pemerintahan, komunikasi antar masyarakat pun akan berjalan sangat lancar. Hal ini telah dibahas secara umum bahwa banyak sekali jejaring sosial yang dapat berperan sebagai media "penyambung" seseorang dengan orang lain. Saya sebagai blogger misalnya, telah mengenal blog semenjak 3 tahun yang lalu. Banyak sekali keuntungan yang saya dapat dari aktivitas ini, bertukar cerita, pengalaman, dan informasi dengan rekan sesama blogger. Seperti yang dilakukan oleh komunitas Blogger Jawa Timur, atau yang biasa kita kenal dengan Komunitas Ngawur. Dan luar biasanya, fenomena menjamurnya jejaring sosial ini juga dapat memberi dampak positif bagi Indonesia. Banyak blogger cerdas di luar sana yang tulisan-tulisannya banyak berpengaruh terhadap perkembangan Indonesia bahkan berprestasi dalam cakupan internasional, dimana mereka semua terkumpul dalam suatu wadah Blogger Nusantara.

Dari segi wujud fisiknya, manfaat Teknologi Digital terhadap Indonesia yang sangat luar biasa kita rasakan akhir-akhir ini adalah kemajuan pemuda-pemuda Indonesia dalam bidang robotik. Saya sempat membaca disebuah surat kabar bahwa Robot ciptaan pemuda Indonesia berhasil menyabet juara dalam perlombaan robotik Internasional. Suatu prestasi membanggakan yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Hal ini juga semakin baik dengan dukungan dan kesediaan dari Pusat Teknologi untuk membantu segala hal yang berkaitan dengan Teknologi Digital. Sebuah pencapaian yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia bukanlah negara yang tertinggal dan tidak acuh kepada perkembangan teknologi.

Maju terus Teknologi Digital Indonesia, Maju terus Indonesia!



NB : gambar diambil dari sini

2 komentar:

affanibnu mengatakan...

izin berblogwalking disini...

To-tallyshit mengatakan...

Silahkan mas, terimakasih sudah berkunjung :)

Posting Komentar

 
;